Apakah Hamster Boleh Makan Jagung? Simak Ulasan Berikut

Apakah hamster boleh makan jagung? Ini adalah salah satu pertanyaan yang tentu banyak dicari tahu jawabannya. Alasannya sederhana. Terkadang para pemilik hamster yang 'iseng', termasuk Anda, pernah memberi hamster makan jagung. Benar kan?

Bahkan kami membaca terdapat beberapa kasus yang menyebutkan bahwa hamster lebih memilih untuk makan jagung dibandingkan biji-bijian. Mengapa bisa begitu? Nah, untuk mendapatkan jawabannya, simak penjelasan singkat kami berikut ini.

Apakah Hamster Boleh Makan Jagung?


Jika Anda hanya ingin tahu apakah hamster boleh makan jagung atau tidak, jawabannya BOLEH. Hanya saja harus diperhatikan, sebaiknya tidak terlalu sering memberi makan hamster dengan jagung. Mengapa? Dalam beberapa kasus yang kami temukan, ada beberapa masalah yang dapat muncul apabila hamster terlalu sering makan jagung. Hal ini tentu juga dipengaruhi jenis jagung apa yang dimakan oleh hamster Anda. Kami akan mencoba menjelasakannya. 

Hamster Makan Jagung Rebus


Pernahkan Anda memberi makan jagung rebus pada hamster? Jika iya, apakah terdapat perubahan pada tingkah laku hamster? Umumnya hamster yang diberi makan jagung rebus akan lebih sedikit membutuhkan asupan air minum. Ini merupakan hal yang wajar mengingat pada jagung rebus terdapat kandungan air yang cukup. 

Apakah Hamster Boleh Makan Jagung? Simak Ulasan Berikut

Salah satu efek hamster makan jagung rebus adalah bau urine atau kencingnya menjadi lebih menyengat. Hal ini akan membuat Anda harus lebih sering membersihkan kandang. Oleh karena itu, meskipun Anda memberi makan hamster jagung rebus, sebaiknya tetap berikan asupan air yang banyak. Tujuannya untuk menetralisir bau kencing hamster sehingga tidak terlalu menyengat. 

Hamster Makan Jagung Kering


Apabila Anda memberi makan hamster jagung kering, yang harus diperhatikan kesehatan ginjal hamster Anda. Masalahnya, hamster terkadang memang cenderung lebih memilih makan jagung kering daripada jagung rebus atau jagung muda. Hal ini karena tekstur dari jagung kering mirip dengan biji-bijian. 

Lantas apa efek hamster makan jagung kering? Masalah utama, seperti yang telah disebutkan, adalah kesehatan ginjal hamster. Oleh karena itu, apabila Anda terlanjur memberi makan hamster jagung kering, maka sebaiknya imbangi dengan pemberian vitamin seperti Vitagel. 

Sedangkan pada beberapa kasus, hamster makan jagung kering memicu kerontokan pada bulu hamster tersebut. 

Yang jelas, jangan memberi makan hamster dengan jagung manis. Hal ini karena pada jagung manis terdapat kandungan yang memicu diabetes pada hamster. Oleh karena itu, selalu imbangi pemberian vitamin apabila hamster Anda terlanjur 'kecanduan' jagung. 

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai apakah hamster boleh makan jagung atau tidak. Semoga apa yang kami paparkan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel