4 Perbedaan Internet dan Intranet yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan internet dan intranet – Perkembangan teknologi yang sangat pesat beberapa tahun belakangan membuat internet menjadi salah satu jenis jaringan yang dikenal oleh semua lapisan masyarakat. Hal ini karena terdapat banyak sekali fitur dan fasilitas yang disediakan oleh internet demi memudahkan aktifitas manusia. 
 
Perbedaan Internet dan Intranet
 
Meski demikian, di tengah perkembangan internet yang begitu pesat, ada sebuah teknologi jaringan yang mungkin masih asing di telinga masyarakat. Teknologi tersebut adalah intranet. Lantas apa yang membedakan antara internet dan intranet?
 

Pengertian Internet dan Intranet

Apabila dilihat sekilas, perbedaan antara internet dan intranet hanya berbeda beberapa huruf saja. Namun kedua jenis jaringan ini memiliki perbedaan yang cukup jauh, dilihat dari penggunaan dan fungsinya.

Secara umum, internet merupakan teknologi yang dapat menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia dalam melakukan akses dan pertukaran data. Dengan kata lain, selama komputer tersambung dengan jaringan internet, maka segala bentuk kegiatan akses data yang tersedia dan berada di seluruh dunia dapat dilakukan. 
 
Sedangkan intranet merupakan jenis teknologi yang dapat menghubungkan antara satu jaringan komputer yang berada dalam sebuah wilayah tertentu seperti rumah, kantor, perpustakaan, dan lain sebagainya.
 

Perbedaan Antara Internet dan Intranet

Jika dilihat dari sedikit pengertian di atas, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan yang membedakan antara internet dan intranet, yakni wilayah yang dapat dijangkau. Untuk memahami kedua jenis jaringan ini secara detail, simak ulasan tentang perbedaan internet dan intranet berikut ini:
 

Wilayah yang Dapat Dijangkau

Internet memiliki jangkauan yang sangat luas, yakni mencakup seluruh dunia. Dalam arti semua orang di seluruh dunia dapat menikmati segala bentuk data yang terdapat di masing-masing server internet tanpa ada batasan waktu dan ruang. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan intranet.

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa jangkauan jenis teknologi intranet hanya dapat menjangkau wilayah atau kawasan lokal yang sempit. Jadi ketika seseorang ingin menjangkaunya, maka ia harus memiliki sebuah akses. Untuk penggunaan intranet sendiri, dapat menggunakan access data dalam bentuk LAN atau tanpa access data dalam bentuk wireless LAN/WLAN. 
 
Mengenai sisi keamanan, dapat dikatakan bahwa keamanan pada jaringan teknologi intranet lebih terjamin karena tak dapat diakses secara bebas oleh siapa saja.
 

Perkembangan serta Inovasi pada Jaringan Internet dan Intranet

Perbedaan antara internet dan intranet yang selanjutnya adalah perkembangan kedua jaringan tersebut. Pasalnya dalam teknologi internet, setiap orang yang berada di seluruh dunia memiliki andil dalam menuangkan berbagai kreasi mereka pada jaringan ini. Dengan kata lain, perkembangan serta inovasi pada jaringan internet tumbuh dengan cepat.

Hal ini berbeda dengan intranet yang memiliki wilayah jangkauan terbatas. Lingkup jangkauannya yang sangat sempit akan membuat setiap pembaruan dan penambahan fitur serta konten dalam intranet berjalan dengan sangat lambat. Jadi sebaik atau sebagus apapun fitur terbaru yang diusung oleh jaringan intranet, tak akan mampu menyaingi perkembangan dan inovasi yang muncul pada jaringan internet.
 

Aksesibilitas Jaringan Internet dan Intranet

Perbedaan yang berikutnya adalah pada aksesibilitas atau kemampuan dalam melakukan akses data pada kedua jaringan ini. Seperti yang Anda ketahui bahwa jaringan internet memungkinkan para pengguna dapat mengakses secara bebas semua data serta konten yang tersedia dan disimpan pada masing-masing server internet.

Hal tersebut tak berlaku untuk intranet. Pasalnya dalam hal aksesibilitas, hanya orang-orang tertentu yang telah diberikan kewenangan dan hak saja yang dapat mengakses data dalam komputer yang tersambung dalam jaringan intranet.
 

Tingkat Keamanan Jaringan

Perbedaan internet dan intranet yang terakhir adalah pada tingkat keamanan yang diterapkan pada kedua jenis teknologi jaringan tersebut. Pada jaringan internet, tingkat keamanan jaringan tak dapat dijamin. Mengapa? Hal ini karena setiap orang memiliki akses pada jaringan internet. Jadi bukan hal yang aneh apabila terjadi banyak sekali tindakan peretasan atau hacking di internet.

Sedangkan untuk jaringan intranet, akses yang sangat terbatas dan dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu membuat tingkat keamanannya sangat baik. Pembatasan akses pada intranet akan memberikan kesulitan tersendiri bagi seseorang yang ingin melakukan akses ilegal terhadap data komputer. 
 
Mungkin alasan inilah yang membuat perusahaan-perusahaan besar lebih memilih jaringan intranet dalam menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam wilayah perusahaan tersebut.

Setidaknya demikian beberapa perbedaan internet dan intranet yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Perbedaan Internet dan Intranet yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel