Pengertian dan Manfaat Jaringan Nirkabel dalam Hal Komunikasi

Tak banyak orang yang mengerti tentang pengertian dan manfaat jaringan nirkabel. Padahal dalam dunia telekomunikasi, teknik komputer, dan teknologi informasi, jaringan nirkabel memiliki banyak manfaat untuk hal-hal yang sangat berguna. Biasanya, perusahaan-perusahaan baik skala kecil ataupun besar mengaplikasikan jaringan nirkabel sejenis wireless LAN/WLAN dan Wi-Fi.
 
pengertian dan manfaat jaringan nirkabel
 

Pengertian Jaringan Nirkabel

Seperti namanya, jaringan nirkabel merupakan sebuah jaringan yang difungsikan tanpa menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan suatu sistem komputer dengan sistem lain menggunakan beragam media transmisi tanpa kabel. Contohnya adalah gelombang mikro, gelombang radio, dan cahaya infra merah.

Sebagai informasi, jaringan nirkabel sendiri mulai ditemukan dan diaplikasikan pada tahun 1970. Jaringan ini kemudian dimanfaatkan untuk berkomunikasi antar wilayah yang memiliki area luas. Tanpa adanya kabel yang menghubungkan masing-masing komputer, tentu saja semua kegiatan atau informasi yang dilakukan memanfaatkan jaringan nirkabel akan sangat efisien dalam hal biaya maupun kecepatan koneksi.
 

Topologi Jaringan Nirkabel

Seiring perkembangan teknologi informasi, jaringan nirkabel pun mengalami beberapa perubahan. Setidaknya saat ini terdapat dua topologi jaringan nirkabel yakni topologi infrastruktur dan topologi Ad-Hoc.

Topologi Infrastruktur pada jaringan nirkabel merupakan jenis jaringan yang memanfaatkan WLAN card tiap masing-masing komputer yang digunakan dalam berkomunikasi. Pada topologi ini, access point digunakan sebagai media untuk menghubungkan antara satu komputer dan komputer lain yang menggunakan nirkabel.

Dengan kata lain, setiap client atau user yang ingin menggunakan jaringan ini, maka mereka harus melewati sebuah access point terlebih dahulu sebelum dapat terhubung dengan client atau user yang lain. Kelebihan dari topologi infrastruktur adalah hanya orang-orang yang dapat melewati access point saja yang dapat terhubung. Dalam arti keamanan nirkabel ini cukup baik.

Jenis jaringan nirkabel yang kedua adalah topologi Ad-Hoc. Berbeda dengan topologi infrastruktur, pada topologi ini client dapat terhubung dengan client lain tanpa harus menggunakan access point terlebih dahulu. Cara topologi Ad-Hoc seperti pada cara kerja topologi peer to peer. Dengan kata lain, semua client dapat menghubungi atau terhubung dengan client lainnya yang telah diatur dalam jaringan nirkabel dengan mudah.
 

Manfaat Jaringan Nirkabel

Dalam ulasan tentang pengertian dan manfaat jaringan nirkabel pada kesempatan kali ini, Anda tentu harus mengetahui mengenai apa saja keunggulan yang didapatkan ketika menggunakan jaringan nirkabel. Setidaknya terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh. Di antaranya adalah sebagai berikut:
 

1. Meningkatkan Akurasi dan Efisiensi

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa adanya jaringan nirkabel akan memberikan manfaat berupa efisiensi dalam hal biaya maupun waktu. Hal ini karena jaringan nirkabel memungkinkan semua client komputer yang terhubung dapat berkomunikasi satu sama lain. Inilah salah satu alasan yang membuat banyak perusahaan besar lebih memilih menggunakan jaringan nirkabel dibandingkan dengan jaringan LAN pada umumnya.
 

2. Meningkatkan Keandalan

Pengertian dan manfaat jaringan nirkabel yang selanjutnya adalah meningkatkan keandalan. Untuk itu, Anda harus membandingkan antara penggunaan jaringan LAN dan jaringan nirkabel. Pada jaringan LAN, tentu saja semakin lama kabel yang digunakan dalam menghubungkan satu client komputer dengan client lainnya akan aus atau mengalami kesalahan ketika digunakan.

Tak hanya itu saja, komputer yang menggunakan jaringan LAN juga dapat terganggu dengan adanya instalasi yang tak tepat. Kerusakan ketika pemasangan akan sangat mengganggu kinerja komputer yang terhubung melalui kabel LAN.

Berbeda dengan jaringan nirkabel yang tak perlu lagi memerhatikan kerusakan fisik yang mungkin menimpa kabel atau kesalahan dalam instalasi jaringan tersebut. Anda hanya perlu menyediakan sebuah jaringan yang dapat menghubungkan antara satu client komputer dengan client komputer yang lainnya.

Dengan sebuah jaringan yang tak mengandalkan fisik, maka ketersediaan dalam sistem tersebut dapat meningkat. Selain itu, pengguna juga dapat lebih cepat dalam mengakses data selama komputer client terhubung dengan jaringan nirkabel. Inilah salah satu alasan mengapa jaringan nirkabel lebih dapat diandalkan apabila dibandingkan dengan jaringan LAN card.
 

3. Pertukaran Informasi Lebih Cepat

Melihat beberapa penjelasan di atas, maka dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa dengan menggunakan jaringan nirkabel, maka pertukaran informasi antara satu client komputer dengan client komputer yang lain dapat berlangsung lebih cepat. Pemasangan jaringan nirkabel di kantor ataupun lokasi umum memungkinkan para pengguna untuk terhubung ke internet dengan mudah.
 

Kelemahan Jaringan Nirkabel

Setelah mengetahui tentang pengertian dan manfaat jaringan nirkabel, Anda juga harus mempertimbangkan tentang kelemahan jenis jaringan yang satu ini. Pertama, transmisi data menggunakan jaringan nirkabel adalah antara 1 Mbps hingga 2 Mbps saja.

Kedua, biaya pemasangan di awal terbilang cukup mahal meskipun untuk ke depannya, biaya perawatan jaringan nirkabel dibandingkan dengan LAN lebih murah. Ketiga, keamaan data kurang terjamin karena apabila seseorang dapat membobol jaringan tersebut, maka kemungkinan semua data dapat dibajak. Dan yang terakhir adalah terdapat kemungkinan sinyal putus-putus terlebih ketiga gelombang tidak stabil.

Demikian sedikit ulasan tentang pengertian dan manfaat jaringan nirkabel, semoga bermanfaat.

1 Response to "Pengertian dan Manfaat Jaringan Nirkabel dalam Hal Komunikasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel