8 Manfaat Jaringan Komputer untuk Perusahaan, Personal, dan Umum

Di zaman di mana teknologi informasi mengalami perkembangan pesat seperti saat ini, manfaat jaringan komputer tentu sudah dapat dirasakan oleh banyak orang. Hanya saja, tak banyak orang yang tahu tentang manfaat sebenarnya yang diusung oleh jaringan komputer. Padahal hampir setiap pekerjaan saat ini membutuhkan bantuan komputer mulai dari pekerjaan di bidang industri, komunikasi, hingga otomotif. 
 
manfaat jaringan komputer
 
Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang manfaat apa saja yang dapat diperoleh dengan adanya jaringan komputer di sekitar kita.

Apa Saja Manfaat dari Jaringan Komputer?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa jaringan komputer sudah dapat dimanfaatkan di berbagai sektor. Setidaknya sektor-sektor tersebut dapat dibagi menjadi beberapa kategori, di antaranya adalah sebagai berikut:
 

Jaringan Komputer bagi Instansi dan Perusahaan

Pada kategori ini, manfaat jaringan dari komputer dapat memberikan banyak kemudahan untuk kelangsungan pekerjaan dan segala bentuk administrasi data. Bagi sebuah instansi atau perusahaan, manfaat yang dapat diperoleh adalah:
 

1. Mempermudah Sharing Files

Manfaat pertama adalah kemudahan dalam sharing files atau saling berbagi dokumen antara satu PC dengan PC lain yang terhubung dalam sebuah jaringan. Dalam perusahaan, tentu banyak sekali dokumen atau file yang harus dilihat antar bagian atau divisi. Dengan begitu, maka proses sharing files pun dapat berlangsung dengan cepat.
 

2. Menjaga Data yang Sifatnya Rahasia

Manfaat yang kedua adalah memberikan perlindungan keamanan terhadap semua data yang dianggap penting. Hal ini karena untuk jaringan komputer, terutama jaringan lokal atau LAN, hanya komputer yang terhubung pada jaringan tersebut saja yang dapat mengakses data. Dengan kata lain, untuk masalah keamanan, jaringan komputer ini cukup baik. 
 
Berbeda dengan jaringan komputer berupa WLAN yang tentu tak akan lepas dari aktivitas hacking karena jaringan yang digunakan dapat diakses oleh siapa saja yang berada dalam jangkauan jaringan tersebut.
 

3. Mempermudah Akses Data ke Server

Sebagai informasi, server merupakan elemen penting dalam sebuah jaringan komputer. Dengan server, maka semua data akan lebih mudah diakses. Hal ini karena server menyajikan data utama yang ada pada sebuah perusahaan atau instansi terkait. Jadi bagi siapapun yang ingin mengakses data, maka akan lebih mudah melakukannya.
 

Manfaat dari Jaringan Komputer untuk Personal dan Masyarakat Umum

Selain bagi instansi dan perusahaan, manfaat jaringan komputer juga dapat dirasakan oleh personal dan juga masyarakat umum. Adapun manfaat yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut:
 

1. Surat Elektronik/ Email

Bagi personal atau umum, manfaat adanya jaringan komputer yang pertama adalah untuk saling kirim dan terima email. Hal ini karena surat elektronik atau email akan lebih memudahkan semua orang dalam melakukan komunikasi dengan cepat. Hanya kurang dari 10 detik saja, maka pesan yang dikirimkan melalui email tersebut sudah dapat diterima oleh penerima.
 

2. Social Media

Siapa yang tak mengenal social media? Ya, media yang satu ini merupakan tempat bertemunya semua orang di seluruh dunia. Ini adalah salah satu produk yang dapat dimanfaatkan dengan jaringan komputer. Dengan media sosial, maka semua informasi pun dapat diperoleh dan dikirimkan dengan mudah oleh para penggunanya.

Untuk jenis jaringan komputer yang digunakan pada social media dan juga produk serupa adalah memiliki satu server pusat dan beberapa server kecil yang terintegrasi satu sama lain. Dengan begitu, maka semua pengguna yang jumlahnya berpuluh-puluh juta pun dapat terhubung satu sama lainnya. Selain itu, server pusat tersebut dapat menampung semua trafik yang masuk ke dalamnya.
 

3. E-Commerce

Selain social media, e-commerce juga menjadi salah satu produk yang memanfaatkan perkembangan jaringan komputer dewasa ini. Dengan adanya jaringan komputer, maka semua pembeli yang berasal dari berbagai belahan dunia pun dapat saling bertransaksi satu sama lain.
 

4. Update Berita Terbaru di Seluruh Dunia

Manfaat jaringan komputer yang selanjutnya adalah orang-orang yang terhubung melalui jaringan internet dapat melakukan update berita terbaru yang ada di seluruh penjuru dunia. Dengan begitu, maka perkembangan informasi pun akan berjalan dengan sangat cepat.
 

5. Internet Telephone

Untuk manfaat terakhir yang dapat diperoleh dengan menggunakan jaringan komputer adalah internet telephone. Jika pada awalnya telepon hanya dapat dilakukan melalui jaringan telekomunikasi, maka berbeda dengan sekarang. Pasalnya, saat ini telepon juga memanfaatkan jaringan komputer untuk melakukan panggilan. Dengan begitu, maka pengguna pun tak perlu lagi menghabiskan banyak biaya meskipun harus melakukan panggilan ke luar negeri.

Setidaknya itulah 8 manfaat jaringan komputer yang dapat dirasakan oleh manusia hingga saat ini dan tak menutup kemungkinan dalam beberapa tahun ke depan, perkembangan jaringan komputer akan lebih maju dibandingkan sekarang. Semoga apa yang kami ulas pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "8 Manfaat Jaringan Komputer untuk Perusahaan, Personal, dan Umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel