6 REKOMENDASI DESTINASI WISATA DI DIY TERBAIK


Destinasi Wisata di DIY! Yogyakarta adalah salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata menarik. Kota yang berupa daerah istimewa karena keberadaan keratonnya ini lumayan terkenal di Indonesia. Berbagai julukan didapat kota ini karena memiliki berbagai keunikan.

Dua di antaranya yaitu kota Gudeg dan Kota Pelajar. Dua julukan itu saja sudah membuat kota Jogja ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni sebagai kota tempat belajar. Ini karena terdapat universitas dan sekolah yang paling banyak di Indonesia. Kota Jogja juga sebagai kota yang mempunyai banyak sekali tempat wisata dan kuliner khas. 


Apa saja destinasi wisata di DIY yang harus dikunjungi?

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata di kota Yogyakarta yang wajib dikunjungi karena Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Selain itu, Candi Prambanan ini juga dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.

destinasi wisata di diy

Candi Prambanan berlokasi sektiar 17 KM dari puat kota Yogyakarta. Jika anda tidak membawa kendaraan pribadi, untuk menuju Candi Prambanan anda cukup menggunakan bus dan turun di halte Prambanan, sangat mudah mencapai Candi Prambanan.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di Yogyakarta, sehingga Pantai Parangtritis layak disebut sebagai salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Berlokasi sekitar 25 KM di selatan pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berada di tepi Samudra Hindia sehingga mempunyai karakteristik ombak dan arus yang lumayan besar dan kuat.

destinasi wisata di diy

Keunikan dari Pantai Parangtritis yaitu adanya bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai. Jika anda ingin suatu pengalaman yang berbeda, anda dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangndog, Pantai Parangtritis.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang merupakan salah satu primadona wisata di sekitar Yogyakarta. Terkenal hingga ke berbagai belahan dunia, Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang paling besar di dunia.

destinasi wisata di diy

Berlokasi sekitar 40 KM dari Yogyakarta, Candi Borobudur saat ini masih dikunjungi biksu yang berziarah karena Candi Borobudur merupakan sebuah monumen model dari alam semesta yang merupakan tempat suci. 

Untuk bisa masuk ke area Candi Borobudur, anda diharuskan menggunakan sarung yang akan dipinjamkan di pintu masuk Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah candi yang mempunyai relief dan patung Buddha terbanyak di dunia. Meskipun bukan berada di Jogja, Candi Borobudur selalu didatangi oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

4. Pantai Ngandong

destinasi wisata di diy

Tempat wisata pantai di Jogja ini bertempat searah dengan pantai Pok Tunggal di Gunungkidul. DI tempat wisata keluarga ini anda bisa menyelam dan ber snorkeling ria. Anda harus berjalan kaki dari tempat untuk menuju ke wilayah pantainya yang berada di balik bukit.

5. Goa Pindul

destinasi wisata di diy

Tempat wisata alam goa ini masih berada di Desa Bejiharjo, Karangmojo, kabupaten Gunungkidul. Tempat wisata baru di Jogja ini menawarkan pengalaman untuk cave tubing yang dipandu oleh penduduk setempat. Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter di bawah sebuah bukit. 

6. Jalan Malioboro

destinasi wisata di diy

Malioboro adalah nama sebuah jalan di Yogyakarta. Jalan Malioboro ini begitu terkenal dan sudah menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi, bahkan untuk berfoto di penanda Jalan Malioboro saja kita sering kali harus mengantri terlebih dahulu lho. Nama Jalan Malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta dan memiliki arti karangan bunga.

Nah, setelah mengetahui beberapa destinasi wisata di DIY, kira-kira tempat mana yang akan menjadi tujuan wisatamu? Tulis di kolom komentar, ya!

0 Response to "6 REKOMENDASI DESTINASI WISATA DI DIY TERBAIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel