CARA BERINVESTASI EMAS BAGI PEMULA LENGKAP


Cara berinvestasi emas bagi pemula memang harus dipelajari oleh Anda yang ingin mulai berinvestasi. Kenapa harus investasi emas? Hal ini karena emas merupakan jenis investasi yang tak lekang oleh waktu. Apabila dibandingkan dengan jenis investasi lain, emas dan tanah memang menjadi salah satu media investasi terbaik. 

Pertanyaannya, bagaimana cara memulai investasi emas bagi pemula? Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai investasi emas. Mulai dari investasi emas di pegadaian, di bank, di rumah, investasi emas antam online, hingga keuntungan investasi emas. Tak perlu berlama-lama, simak ulasan berikut ini.

 

cara berinvestasi emas bagi pemula

Berbagai Cara Investasi Emas untuk Pemula agar Untuk

Sekedar informasi, ada banyak sekali cara berinvestasi emas untuk pemula. Para calon investor emas pun dapat memilih ingin berinvestasi emas di mana. Detail penjelasannya adalah:

A. Cara Investasi Emas di Pegadaian

Investasi emas di pegadaian mungkin menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas. Hal ini karena pegadaian menjadi salah satu tempat investasi emas terpercaya. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tata cara investasi emas di pegadaian.

Mengutip dari situs www.pegadaian.co.id[k1] , terdapat tiga persyaratan umum untuk berinvestasi emas. Pertama adalah memiliki identitas yang masih berlaku seperti KTP atau Paspor. Kedua yakni mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas. Dan yang terakhir adalah membayar biaya administrasi sebesar Rp. 10.000 serta biaya titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000.

Dari penjelasan di atas, investasi emas di pegadaian memang terbilang cukup mudah. Namun berikut kami akan mendeskripsikan beberapa masalah atau pertanyaan yang sering ditanyakan calon nasabah emas di pegadaian. 

1. Bagaimana Cara Memiliki Tabungan Emas di Pegadaian?

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu datang ke agen atau outlet pegadaian serta mengisi formulir tabungan emas. Adapun persyaratan yang harus dibawa adalah fotocopy identitas diri. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk datang ke pegadaian, cukup download aplikasi Pegadaian Digital Service di Playstore. 

2. Bagaimana Cara Top Up Emas?

Untuk mengisi atau top up emas, ada beberapa cara investasi emas di pegadaian. Di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Melalui outlet pegadaian. Minimal pembelian perhari adalah 0.01 gram dan maksimal pembelian adalah 100 gram.
  • Melalui ATM (Mandiri, BNI, dan BRI). Untuk top up emas dari ATM, pembelian minimal adalah Rp. 50.000 dan maksimal Rp. 10.000.000 per hari.
  • Melalui aplikasi Pegadaian Digital. Pembelian minimal adalah Rp. 50.000 dan maksimal Rp. 10.000.000 perhari.
  • Melalui agen Pegadaian dengan minimal pembelian Rp. 50.000
Itulah beberapa cara top up emas di pegadaian yang perlu Anda ketahui. Jadi terdapat beberapa metode yang tentu akan sangat memudahkan nasabah yang ingin berinvestasi emas. 

3. Apakah Saldo Tabungan Emas dapat Dijual Kembali?

Jika nasabah membutuhkan dana tunai, maka tabungan emas dapat dijual kembali / buyback. Penjualan saldo emas dapat dilakukan di outlet Pegadaian ataupun dari aplikasi Pegadaian Digital. Adapun minimal penjualan saldo tabungan emas adalah 1 gram. Sedangkan untuk biaya transaksi jika dijual melalui aplikasi, nominalnya adalah Rp. 2.500 saja.

4. Apakah Saldo Tabungan Emas dapat Ditransfer ke Rekening Lain yang Memiliki Tabungan Emas?


Apabila nasabah ingin mentrasnfer saldo tabungan emas ke rekening tabungan emas lain, ini dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat melakukannya di outlet dengan biaya administrasi Rp. 2.000 saja. Sedangkan jika menggunakan aplikasi, maka tidak akan dikenakan biaya. Adapun minimal saldo tabungan emas yang ingin ditransfer adalah sebesar 0.1 gram. 

5. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Emas Fisik dalam Tabungan Emas Pegadaian?


Untuk proses distribusi ke outlet, emas fisik dapat diperoleh dengan jangka waktu sekitar 1 bulan. 

6. Berapa Nominal Penutupan Tabungan Emas Pegadaian?

Untuk biaya penutupan tabungan emas, nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000 saja.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai cara investasi emas bagi pemula di pegadaian.  

B. Cara Berinvestasi Emas untuk Pemula di Bank

Selain di pegadaian, Anda juga dapat melakukan investasi emas di bank. Pertanyaannya, bagaimana cara berinvestasi emas di bank? Apakah sistemnya sama seperti menabung uang pada umumnya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.  

Investasi emas di bank yang akan kami jelaskan mungkin lebih khusus ke bank BRI dan bank Mandiri Syariah. Hal ini karena dua bank tersebut yang terkenal sebagai bank terpercaya untuk berinvestasi emas. Meski demikian, investasi emas di bank lain juga tetap dapat Anda lakukan. 

1. Cara Investasi Emas di Bank BRI

Mengutip dari situs carainvestasibisnis.com[k2] , terdapat dua cara investasi emas di bank BRI. Pertama adalah dengan kredit emas dan yang kedua adalah menggunakan layanan KLM (Kepemilikan Logam Mulia). Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Kredit Emas di Bank BRI
Untuk melakukan kredit emas di bank BRI, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah. Jika nasabah tak dapat memenuhi syarat tersebut, tentu saja permintaan untuk investasi emas Anda di bank akan sulit dikabulkan. 

Adapun syaratnya kredit emas di bank BRI adalah sebagai berikut:
  • Nasabah berusia minimal 21 tahun dan berusia maksimal 55 tahun.
  • WNI (dibuktikan dengan menunjukkan identitas berupa KTP/Paspor).
  • Membayarkan uang muka sebesar 20% dari harga emas yang akan dikredit. Untuk DP atau uang muka, tidak boleh dicicil. Sedangkan sisa dari kekurangan pembayaran emas, sebesar 80%, dapat dicicil sesuai tenor yang dipilih.
KLM (Kepemilikan Logam Mulia)
Sistem atau layanan investasi emas di bank BRI yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah KLM atau Kepemilikan Logam Mulia. Layanan yang satu ini memberikan fasilitas bagi nasabah yang ingin mempunyai emas dengan cara pinjaman Qardh.

Pada skema ini, nasabah membeli emas sesuai keinginannya kemudian memberikan uang sebesar 10% dari harga emas yang ingin dibeli. Kemudian sisanya diangsur sesuai tenor. Syarat utama dari layanan KLM adalah Anda harus menjadi nasabah BRI terlebih dahulu. Mengenai tenor pinjaman, yakni mulai dari 6 bulan hingga 180 bulan. 

2. Cara Investasi Emas di Bank Mandiri Syariah

Selain bank BRI, Anda pun dapat berinvestasi emas di bank Mandiri Syariah. Adapun nama layanan yang ditawarkan untuk investasi emas adalah Cicil Emas. Pada layanan ini, nasabah dapat berinvestasi emas secara mudah. 

Lantas apa saya syaratnya? Di antaranya adalah:
  • WNI
  • Menyerahkan kartu identitas (KTP)
  • Pegawai dengan rentan usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
  • Pensiunan berusia maksimal 70 tahun ketika pembiayaan jatuh tempo.
  • Wiraswasta dan professional berusia maksimal 60 tahun.

Itulah beberapa syarat yang harus Anda penuhi ketika ingin berinvestasi di bank Mandiri Syariah. Perlu diketahui, adapun minimal jumlah emas yang dapat dibiayai dengan layanan ini adalah seberat 10 gram. 

C. Cara Investasi Emas Antam Online bagi Pemula

Anda telah mengetahui bagaimana cara investasi emas di pegadaian dan di bank. Kini saatnya mengulas cara berinvestasi emas bagi pemula di antam online. Sebagai pemula, Anda mungkin akan bertanya-tanya, apa itu investasi emas antam online? Jika iya, tak perlu khawatir karena kami akan menjelaskannya secara lengkap pada ulasan di bawah.

Seperti namanya, investasi emas antam online merupakan jenis investasi emas murni namun dilakukan secara online. Hal ini bertujuan untuk memudahkan nasabah atau investor emas yang ingin berinvestasi. Hanya saja, investasi antam online masih belum begitu banyak menarik perhatian masyarakat. Pasalnya masyarakat umumnya lebih memilih untuk menggunakan metode investasi emas klasik.

D. Cara Menabung Emas di Rumah

Pada penjelasan di atas, telah diuraikan mengenai beberapa cara berinvestasi emas bagi pemula. Untuk penjelasan berikutnya, kami akan mengulas mengenai bagaimana cara menabung emas di rumah.

Mengapa? Ini karena sebagian orang lebih memilih untuk membeli emas lalu menyimpannya di rumah. Selain dinilai lebih aman, tidak terdapat biaya operasional yang perlu dihabiskan untuk menitipkan emas seperti di pegadaian dan sebagainya.

Nah, bagi Anda yang berminat, berikut adalah beberapa cara menabung emas di rumah yang harus Anda coba aplikasikan. Di antaranya:

1. Tentukan Tujuan Utama dalam Berinvestasi Emas

Ketika memulai untuk berinvestasi, Anda pasti sudah memiliki tujuan yang ingin dicapai, kan? Jika belum, maka cobalah menentukan tujuan utama dalam berinvestasi dan menabung emas di rumah.

Meskipun terdengar sepele, namun memiliki tujuan berinvestasi emas akan menjadi penyemangat Anda. Misalnya Anda menabung emas untuk membeli rumah, umroh, haji, membeli tanah, dan lain sebagainya. Selain memiliki tujuan tersebut, Anda juga harus konsisten dalam membeli emas dalam jangka waktu yang Anda tentukan.

2. Mengecek Harga Emas

Anda sudah memiliki tujuan menabung emas. Langkah berikutnya adalah mengecek harga emas. Saat ini sudah banyak sekali informasi emas yang dapat Anda peroleh secara online. Namun bila perlu, Anda juga harus datang ke toko emas konvensional agar lebih mengetahui harga emas di pasaran.  

Apabila harga emas dalam posisi terendah, maka itulah saatnya Anda membeli emas. Secara teori, sebuah investasi barang dilakukan ketika barang sedang murah lalu menjualnya ketika harganya naik. Hal ini tentu juga berlaku untuk emas. 

3. Tentukan Jenis Emas yang Ingin Dibeli

Langkah berikutnya, Anda harus menentukan emas seperti apa yang ingin dibeli dan dijadikan tabungan investasi. Dalam hal ini, Anda dapat memilih emas batangan atau emas perhiasan. Apapun jenisnya, yang penting Anda dapat menabung emas di rumah secara rutin.

Selain itu, Anda juga dapat mulai membuat patokan gram emas yang ingin dibeli dan ditabung. Contohnya dalam setiap bulan, target tabungan emas Anda adalah seberat 10 gram. Maka hingga tujuan tersebut tercapai, Anda dapat membeli emas 10 gram secara rutin. 

4. Memilih Tempat Penyimpanan Emas di Rumah

Secara garis besar, Anda sudah mengetahui bagaimana cara membeli dan menabung emas. Poin paling penting selanjutnya adalah memilih tempat penyimpanan yang tepat. Berbeda dengan uang yang dapat dibawa ke mana saja, emas membutuhkan tempat aman untuk disimpan. 

Oleh karena itu, apabila Anda ingin menabung emas di rumah, maka carilah tempat terbaik. Anda dapat menyimpan emas di tempat yang tidak mudah terjangkau oleh orang asing. Bila perlu, belilah brankas khusus untuk emas-emas Anda. 

Itulah beberapa cara menabung emas di rumah yang dapat Anda aplikasikan. Dengan begitu, sedikit demi sedikit tujuan investasi Anda dapat tercapai. 

Keuntungan Investasi Emas

Untuk penutupan dalam pembahasan cara berinvestasi emas bagi pemula kali ini, kami akan mengulas tentang apa saja keuntungan investasi emas. Hal ini bertujuan agar Anda lebih bersemangat dalam berinvestasi emas untuk kebutuhan masa depan.

Mengutip dari situs www.cermati.com[k3] , terdapat beberapa keuntungan berinvestasi emas. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak Mengalami Perubahan Kualitas

Keuntungan yang pertama adalah emas tidak akan mengalami pergeseran ataupun perubahan kualitas. Berbeda dengan investasi di bidang keuangan lain yang faktor perubahan kualitas di dalamnya dapat berubah sangat drastis. Inilah yang membuat investasi emas sangat diminati oleh para pebisnis dan investor. 

2. Risiko Investasi yang Rendah

Keuntungan investasi emas yang berikutnya adalah risiko investasi di dalamnya yang rendah. Mengapa? Hal ini karena emas tidak akan terpengaruh secara signifikan oleh kondisi keuangan sebuah negara. Emas menjadi instrumen investasi yang digunakan hampir di seluruh negara di dunia. Oleh karena itulah harganya pun akan tetap pada kondisi stabil. 

3. Dana Investasi Emas yang Cenderung Kecil

Berbeda dengan jenis investasi lain, ketika Anda ingin berinvestasi emas, maka modal yang dibutuhkan pun tak terlalu besar. Bahkan dengan uang ratusan ribu pun Anda sudah mulai dapat berinvestasi emas. Oleh karena itulah, setiap kalangan dapat berinvestasi emas dengan mudah.

4. Investasi Emas Merupakan Aset Tetap

Dengan berinvestasi emas, maka Anda seperti telah membeli sebuah aset tetap yang dapat dijual kapanpun. Daya tarik selanjutnya adalah aset tersebut akan selalu naik setiap tahunnya. 

Itulah sedikit dari keuntungan investasi emas yang perlu Anda ketahui. Setelah membaca ulasan lengkap mengenai cara berinvestasi emas bagi pemula di atas, maka apalagi yang Anda tunggu? Kini saatnya bagi Anda untuk mulai memikirkan masa depan dan berinvestasi emas sesuai kemampuan Anda. 

Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.



 [k1]https://www.pegadaian.co.id/produk/tabungan-emas

 [k2]https://carainvestasibisnis.com/cara-investasi-emas-di-bri/

 [k3]https://www.cermati.com/artikel/keuntungan-investasi-emas-yang-harus-kamu-ketahui

0 Response to "CARA BERINVESTASI EMAS BAGI PEMULA LENGKAP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel